PENTINGNYA TUBUH YANG SEHAT

Pena Gembala Petra


PENTINGNYA TUBUH YANG SEHAT
Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah (1 Timotius 5:23)

Pena gembala kali ini diangkat dari pengalaman seorang hamba Tuhan, Timotius, juga dari pengalaman saya sendiri bahkan dari pengalaman beberapa jemaat Petra yang pada minggu ini mengalami masalah kesehatan.
Memiliki tubuh yang sehat, jauh dari berbagai jenis penyakit merupakan dambaan setiap orang. Dan itu juga yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup kita. Namun kenyataannya, kita justru seringkali mengalami yang namanya gangguan kesehatan mulai dari yang ringan sampai yang berat. Hal itu bisa saja terjadi oleh karena tubuh kita yang fana ini tidaklah memiliki kekebalan terhadap semua penyakit. Itulah adanya tubuh kita yang sudah dicemari dengan dosa sehingga cuaca yang buruk seperti sekarang ini atau wabah penyakit bisa menaklukkannya.
Tubuh kita memang tidak kebal terhadap semua penyakit. Tubuh yang kelihatan kuat dan sehat suatu saat akan mengalami juga masa penuaan, jenuh, lemah dan kesakitan. Kalau begitu apakah kita akan menyerah pada nasib. Oh tidak! Sama seperti nasehat Rasul Paulus kepada anak rohaninya, Timotius kita perlu untuk menjaga kesehatan kita.
Timotius, yang adalah hamba Tuhan manusia biasa juga yang sama seperti kita sehingga wajar kalau tubuhnya renta terhadap penyakit. Kemungkinan penyakit yang dialami oleh Timotius adalah penyakit usus. Dengan adanya penyakit ini Timotius (juga Paulus) tidak menyerah atau berdiam diri saja menunggu mujizat dari Tuhan. Tapi yang mereka lakukan adalah menjaga kesehatan Timotius (dan tentunya juga berdoa) makanya Paulus sampai menulis surat kepada Timotius dan mengatakan: “Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.” Jadi, ternyata disamping mengharapkan kesehatan yang baik dari Tuhan, kita pun wajib untuk menjaga kesehatan kita sendiri.
Dari pengalaman kita yang beberapa hari belakangan ini jatuh sakit pasti kita sadar bahwa memiliki tubuh yang sehat itu sangat penting. Kalau kita dalam keadaan sehat tentunya kita bisa melakukan banyak hal dan tidak menderita. Tapi apa jadinya kalau kita sudah sakit? Kita akan mengalami banyak sekali kerugian mulai dari kerugian materi, beban pikiran, pekerjaan terbengkalai, pelayanan terhambat dan bahkan bisa mempengaruhi kondisi kerohanian kita. Karena itu bagi kita semua mari ikuti nasehat Paulus tadi untuk senantiasa menjaga kesehatan. Itu penting. Amin.

Comments :

0 komentar to “PENTINGNYA TUBUH YANG SEHAT”


Posting Komentar