MENGHITUNG HARI

Pena Gembala Petra

MENGHITUNG HARI
“Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.” (Mazmur 90:12)

Hari ini tepat tanggal 30 Desember. Ibarat orang berjalan selangkah lagi kita akan memasuki babak yang baru, yaitu tahun 2008. Namun sebelum melangkah ke sana dan meninggalkan tahun 2007 ini saya mengajak kita untuk mengambil perenungan tentang hari-hari yang sudah kita lewati. Bagaimana perjalanan rohani kita selama ini?

Hal yang sama juga pernah dilakukan oleh Musa, seorang pemimpin besar. Dalam perenungannya Musa mengatakan demikian kepada Tuhan: “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.” Apa yang dikatakan Musa ini benar adanya dan cukup beralasan karena kenyataannya umat Israel yang dipimpinnya di padang gurun sepanjang perjalanan, mereka tidak bijak dalam memanfaatkan hari-harinya. Bertahun-tahun kasih karunia demi kasih karunia Tuhan sudah limpahkan bagi mereka tetapi ternyata mereka menghabiskan hari-harinya hanya dalam dosa, sungut-sungut, pengkhianatan dan pemberontakkan kepada Tuhan. Akibatnya yaitu waktu mereka menjadi terbuang sia-sia selama 40 tahun – Tahun-tahun mereka berlalu dalam kehampaan. Orang Israel ini merupakan contoh orang yang tidak bijak dalam menggunakan hari-hari yang telah Tuhan karuniakan.

Bagaimana dengan kita? Jujurlah pada diri sendiri apa saja yang sudah terjadi dalam perjalanan rohani kita bersama dengan Tuhan sepanjang satu tahun ini? Kegagalankah atau keberhasilan? Apapun yang terjadi itu tidak bisa diulangi atau diperbaiki kembali. Hanya yang perlu kita lakukan sekarang, yaitu belajar menghitung hari-hari kita sebagaimana yang dikatakan Musa.

Sikap yang mau menghitung hari ini mempunyai dua sisi. Pertama, yaitu dengan menghitung hari-hari yang sudah berlalu maka kita akan tahu apa saja yang sudah kita lakukan selama ini termasuk kegagalan-kegagalan yang pernah terjadi. Dan dari situ nanti kita bisa belajar dari kegagalan untuk tidak mengulangi kembali. Lalu. yang kedua, yaitu dengan menghitung hari-hari kita akan semakin disadarkan bahwa waktu kita di dunia ini makin lama makin habis sehingga dengan demikian kita bisa untuk lebih bijak lagi menggunakan waktu yang ada sebelum pada akhirnya nanti kita tutup usia.

Jemaat Petra tunggu apa lagi. Marilah kita mulai menghitung hari-hari kita. Jangan sampai hari demi hari berlalu, tahun demi tahun berlalu dan perayaan tahun baru demi perayaan tahun berlalu lalu seperti orang bermimpi kita baru sadar kita menemukan diri kita sudah di penghujung usia dan penuh dengan kegagalan rohani tanpa ada perbaikan. Bukankah itu menyedihkan. Sebelum itu terjadi, mari, belum terlambat, tutuplah tahun ini dengan mulai menghitung lagi hari-hari kita sedemikian hingga kita beroleh hati yang bijaksana. Amin. Selamat memasuki tahun 2008.

Comments :

0 komentar to “MENGHITUNG HARI”


Posting Komentar