GEMBALA YANG BAIK

Pena Gembala Petra

GEMBALA YANG BAIK
Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku (Mazmur 23:1)


Kita masih dalam suasana tahun baru. Memasuki tahun ini di depan kita sudah menanti berbagai harapan dan tantangan. Untuk bisa meraih harapan demi harapan, dan melewati tantangan demi tantangan tentu kita tidak dapat sendirian. Kalaupun kita memaksakan diri untuk sendirian saja ke sana pastilah harapan yang akan kita raih tidak akan maksimal dan tantangan yang akan kita hadapi akan terasa lebih berat. Itu adalah realita hidup yang tidak dapat dibantah. Karena itu kita sebagai orang Kristen tentu membutuhkan sesuatu atau seseorang yang bisa menopang kita memasuki dan melewati tahun 2008 ini. Siapa itu?
Dalam Mazmur 23, raja Daud mengkumandangkan pengakuan imannya demikian: Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Pengakuan Daud ini menyatakan bahwa ia memerlukan Tuhan dalam hidupnya. Baginya, Tuhan itu ibarat seorang gembala dan ia sendiri ibarat seekor domba. Tepat sekali ketika Daud mengidentikkan dirinya dengan seekor domba karena itu menggambarkan karakter manusia. Domba dikenal sebagai hewan yang dungu, mudah tersesat, renta terhadap kematian. Untuk bisa bertahan hidup seekor domba tidak bisa sendirian, ia memerlukan seorang gembala yang baik. Demikianlah juga dengan Daud ini, ia sadar betul, untuk bisa melalui hari-harinya ia tidak dapat mengandalkan dirinya sendiri. Ia membutuhkan Tuhan, Sang Gembala itu untuk meraih harapannya dan melewati tantangan hidup.
Jemaat Petra, dari pengalaman hidup Daud ini kita bisa tahu bahwa pribadi yang kita perlukan untuk menolong kita memasuki tahun 2008 ini adalah Tuhan. Kalau saja raja Daud dalam segala kelebihannya; ia adalah seorang ksatria, raja, orang kaya, orang berhikmat dan berbagai kelebihan lain, ternyata ia masih memerlukan Tuhan dalam hidupnya maka terlebih lagi kita ini. Siapakah kita sehingga kita merasa hebat dan mau menyingkirkan Tuhan?
Jangan pernah singkirkan Tuhan tetapi libatkanlah Dia dalam hidupmu. Apapun yang kita lakukan di tahun ini, apakah melayani, bekerja di kantor, berdagang, mengajar, sekolah atau apa saja aktivitasmu pastikan Tuhan ada di situ. Biarlah Ia menggembalakan kita di setiap aktivitas kita. Dan jika kita taat dalam penggembalaan-Nya maka nanti suatu saat kita bisa melihat bagaimana tangan Tuhan turut bekerja membuat berhasil segala apa yang kita lakukan. Amin.

Comments :

0 komentar to “GEMBALA YANG BAIK”


Posting Komentar