MENGUSAHAKAN KESEJAHTERAN KOTA KITA

MENGUSAHAKAN KESEJAHTERAN KOTA KITA
( Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu, Yeremia 29:7)

Dulu Presiden AS, John F. Kennedy pernah mengatakan demikian: “Jangan berkata apa yang diberikan negara kepadaku tetapi apa yang kuberikan kepada negara.” Apa yang dikatakan Kennedy ini sejalan dengan nasehat firman Tuhan kepada orang Israel dalam pembuangan di Babel demikian: Usahakanlah kesejahteraan kota kemana kamu Aku buang…(Yeremia 29.7). Di sini ada ajakan ilahi untuk memainkan suatu peranan yang mendatangkan kesejahteraan bagi kota
Selama dalam pembuangan di Babel orang Israel beranggapan bahwa penghukuman mereka dari Tuhan akan berakhir dalam waktu yang singkat dan mereka akan segera kembali ke tanah leluhurnya. Dengan demikian selama di tempat pembuangan mereka cenderung pasif, tidak mau bekerja. Namun berbeda dengan keyakinan mereka tersebut firman Tuhan datang melalui Nabi Yeremia supaya mereka mau mendirikan rumah, membuka kebun dan membentuk keluarga-keluarga baru di sana (ay. 5-6). Intinya mereka harus memposisikan diri sebagai warga di tempat dimana mereka berada dan berkarya untuk kesejahteraan tempat tersebut.
Dalam konteks kita sebagai orang Kristen yang hidup di negeri ini khususnya di kota Jakarta, kita pun terpanggil untuk melakukan sesuatu yang mendatangkan kesejahteraan kota kita. Bila orang Israel terpanggil untuk mengusahakan kesejahteraan kota yang bukan kota asli mereka (sebagai orang buangan status mereka hanyalah menumpang), maka terlebih lagi kita harus berupaya keras untuk mensejahterakan kota milik kita sendiri.
Sejenak mari kita memperhatikan kota ini (Jakarta) dan bertanya adakah kota ini sudah mengalami kesejahteraan? Kalau kita mau jujur, sebenarnya kota ini jauh dari apa yang disebut sejahterta. Dimana-mana ada begitu banyak masalah-masalah social, salah satunya adalah kemiskinan dan ketidakadilan. Dalam keadaan seperti inilah kita orang Kristen mesti melakukan sesuatu untuk memberantas masalah-masalah sosial yang ada. Orang Kristen tidak cukup hanya hidup sebagai orang Kristen saja dimana hanya tahu beribadah dan berhubungan dengan Tuhan. Tetapi justru kekristenan itu kita bawa ke dalam dunia ini untuk memberkatinya. Salah satu caranya dengan berkarya sebagai orang Kristen yang mendatangkan berkat bagi banyak orang. Akhirnya orang Kristen tidak boleh pasif- orang Kristen harus aktif bekerja.

Comments :

0 komentar to “MENGUSAHAKAN KESEJAHTERAN KOTA KITA”


Posting Komentar