MERDEKA ATAU MATI!!!

Pena Gembala Petra


MERDEKA ATAU MATI!!!
(Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka,
Yohanes 8:36)


Bulan ini bagi kita bangsa Indonesia merupakan bulan yang bersejarah dimana tepat pada tanggal 17 Agustus nanti kita akan merayakan kembali hari kemerdekaan kita. Kemerdekaan ini merupakan hasil perjuangan para pahlawan kita di masa lalu. Dan dalam merebut kemerdekaan ini para pejuang bangsa kita sering menyerukan ucapan-ucapan yang mengobarkan semangat kemerdekaan, salah satunya, yaitu Merdeka atau Mati!!! Makna kalimat ini terungkap pula di dalam Alkitab, hanya bedanya adalah kemerdekaan dan kematian yang dimaksud tidak secara fisik melainkan menyangkut kerohanian.
Dalam khotbah-Nya, Tuhan Yesus mengatakan kepada para pendengar-Nya demikian: “Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka.” Hal ini dikatakan-Nya karena memang kenyataannya seluruh umat manusia statusnya adalah hamba – hamba dosa (Yohanes 8:34 bdg dgn Roma 3:23). Dan dalam keadaan seperti itu, setiap orang tentu merindukan yang namanya kemerdekaan. Tapi itu sesuatu yang mustahil untuk diperoleh. Manusia sudah terjual dalam perhambaan dosa dan tidak dapat keluar dari sana.
Walaupun sebenarnya manusia tidak dapat keluar dari statusnya sebagai hamba dosa namun syukur kepada Allah oleh karena karya-Nya yang menyelamtkan manusia. Yesus datang kedua ini untuk menyerahkan hidup-Nya dan mati menjadi tebusan demi manusia berdosa. Dari sini kita tahu (dan sudah tahu) bahwa hanyalah Yesus yang berkuasa untuk memerdekakan kita dari dosa.
Kebalikan dari itu adalah, jika manusia tidak merdeka dari dosa maka hanya satu bagiannya, yaitu kematian kekal.
Pertanyaannya adalah: Saat ini apa yang menjadi bagian kita? Kemerdekaan atau kematian? Hanya ada dua pilihan, tidak ada jalan tengah diantara keduanya. Bersyukurlah kepada Allah kalau Saudara tahu dan yakin bahwa kemerdekaanlah yang menjadi bagianmu, tapi kalau Saudara masih meragukannya berdoalah kepada Allah supaya Ia mengaruniakan kemerdekaan itu kepadamu. Hanyalah Yesus yang dapat memerdekakan kita dari dosa. Amin, Merdeka.

Comments :

0 komentar to “MERDEKA ATAU MATI!!!”


Posting Komentar