INDAHNYA SEBUAH PERSEKUTUAN

Pena Gembala Petra

INDAHNYA SEBUAH PERSEKUTUAN
(Kis. 4:32-37)

Ada banyak perkumpulan yang bisa kita temukan di dunia ini. Ada perkumpulan yang didasarkan pada partai politik, marga keluarga dan ada pula perkumpulan yang didasarkan pada hobi yang sama. Semuanya ini mempunyai ciri khasnya masing-masing dan tentunya juga mempunyai daya tarik tersendiri, buktinya ada orang yang mau bergabung dalam perkumpulan-perkumulan demikian.
Namun perlu kita sadari bahwa semenarik apapun perkumpulan yang ada di dunia ini masih ada lagi yang jauh lebih menarik dan indah dari semuanya itu, yaitu perkumpulan orang-orang percaya yang terhisap dalam satu komunitas yang lebih dikenal dengan sebutan gereja. Salah satu bukti bahwa gereja jauh lebih menarik dan indah dibandingkan dengan perkumpulan apapun di dunia ini, yaitu gereja mampu bertahan selama kurang lebih 2000 tahun. Dan selama itu pula gereja telah menarik ratusan juta orang bahkan lebih lagi masuk ke dalamnya. Sementara perkumpulan-perkumpulan lain yang bisa kita sebutkan di sini bukankah semuanya itu sudah, sedang dan akan segera berlalu juga.
Kunci dari menariknya gereja ini dapat kita temukan dalam Kis. 4:32-37. Di situ diceritakan bahwa gereja mula-mula pada masanya merupakan suatu perkumpulan yang paling menarik di dunia. Bagaimana mungkin, bukankah awalnya orang-orang yang jadi anggota gereja pada waktu itu hanyalah orang-orang sederhana dan tidak punya pengaruh? Benar! Namun menariknya gereja mula-mula ini tidaklah terletak pada keberadaan anggotanya melainkan pada persekutuan mereka. Anggota-anggotanya yang terdiri dari orang-orang berlatar belakang berbeda-beda mampu membangun persekutuan yang indah dan intim.
Persekutuan jemaat ini nyata dalam hal kepedulian mereka satu sama lain. Mereka begitu saling mengasihi. Beban yang ada mereka tanggung bersama. Diantara mereka tidak ada iri hati, kemunafikan, benih perpecahan atau rupa-rupa kejahatan lainnya. Sungguh persekutuan mereka dilingkupi dengan kasih mesra Kristus. Dan dalam persekutuan demikian Tuhan menyatakan kuasa-Nya sehingga walaupun mereka kecil dan tidak berpengaruh namun mereka mampu menjadi perkumpulan yang paling menarik di dunia pada masanya.
Jemaat Petra, betapa indanya bila kita memiliki persekutuan yang demikian. Barangkali saat ini kita belum bisa menjadi jemaat yang ideal seperti jemaat mula-mula, ditambah lagi komunitas kita masih sangat kecil dan penuh dengan kekurangan. Namun marilah kita berusaha menciptakan suatu persekutuan yang penuh kasih di sini. Dan segala macam benih kejahatan yang bisa merusak persekutuan kita biarlah itu kita jauhkan sehingga pada akhirnya nanti kita akan bisa menyaksikan bahwa persektuan ini bisa menjadi sebuah persekutuan yang paling menarik diantara banyak persekutuan di dunia ini. Amin.

Comments :

0 komentar to “INDAHNYA SEBUAH PERSEKUTUAN”


Posting Komentar