SAMAKAH ALLAH PL DENGAN ALLAH PB?

Pernahkah terlintas dalam pikiran Anda pertanyaan ini: Samakah Allah yang ada dalam PL dengan Allah yang ada dalam PB?
Pertanyaan ini penting dijawab karena tidak sedikit orang yang menganggap sosok Allah yang tertulis dalam PL berbeda dengan Allah yang ada dalam PB. Salah satu alasan yang membedakannya adalah dari segi penyebutan nama-Nya. PL menyebut-Nya dengan nama Yahweh sedangkan PB menyebut-Nya sebagai Yesus. Lagipula di seluruh PL tidak pernah muncul nama Yesus dan begitu sebaliknya. Jadi kesimpulannya adalah Allah PL dengan Allah PB berbeda.
Benarkah demikian?
Kalau benar, berarti selama ini orang Kristen menyembah dua Allah yang berbeda.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, terlebih dahulu kita selidiki siapakah Allah dalam PL itu?
Allah PL yang memperkenalkan nama-Nya sebagai Yahweh adalah Allah yang menciptakan alam semesta ini (Keluaran 3:14 bandingkan dgn Kejadian 1). Allah itu jugalah yang disembah oleh Adam, Abraham, Musa dan bangsa Israel turun temurun sekian generasi. Yang menarik, ternyata Allah PL ini adalah Allah Tritunggal. Tentang ketritunggalan Allah PL bisa ditemukan dalam banyak lembaran PL, salah satunya adalah dalam Kejadian 1:1-3: Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi. Jelas, dalam ayat ini terlihat ketritunggalan Allah, yaitu Bapa, Anak (Firman) dan Roh Kudus.
Itulah Allah PL!
Allah PL ini tidak saja dikenal sebagai Allah Tritunggal tetapi juga Allah Mahapengasih. Dan dalam kasih-Nya yang besar, Allah PL merancangkan keselamatan bagi manusia yang berdosa. Untuk mewujudkan itu syaratnya adalah mesti ada tebusan yang menghapus dosa umat manusia.
Sebagai tebusan, Allah tidak memilih binatang (domba), nabi atau malaikat yang terbaik sekalipun karena itu tidak cukup untuk menghapus dosa manusia yang sangat mengerikan dan sudah melecehkan kekudusan Allah. Jadi Allah sendiri, tepatnya Allah Anak dalam kebijaksanaan dan kemahakuasaan-Nya Ia mau menjadi sama seperti kita manusia. Itulah yang kemudian kita kenal sebagai Yesus. Tuhan Yesus menjadi manusia untuk mengerjakan keselamatan bagi manusia. Ia menjadi korban bagi penebusan manusia.
Jadi, sekalipun sosok Allah yang tertulis dalam PL seolah-olah berbeda dengan Yesus, sesungguhnya keduanya sama. Allah yang ada dalam PL sama dengan Allah PB. Baik yang ada dalam PL maupun PB adalah pribadi Allah yang sama.
Fakta ini belum diketahui oleh orang banyak. Jadi beritakanlah kepada mereka.

Comments :

0 komentar to “SAMAKAH ALLAH PL DENGAN ALLAH PB?”


Posting Komentar