APA ITU INJIL


Kata’ Injil’ berasal dari bahasa Yunani, yaitu ευαγγέλιον/euangelion yang berarti "kabar baik" atau "berita baik" atau "berita suka cita.” Kabar baik yang dimaksud di sini adalah kabar tentang kedatangan Yesus Kristus ke dalam dunia untuk melakukan karya penyelamatan bagi manusia berdosa.

Itulah arti Injil yang sesungguhnya.

Namun dalam perkembanganya istilah Injil atau ‘kabar baik’ ini ditujukan secara khusus kepada kitab-kitab yang ditulis oleh Matius, Markus, Lukas dan Yohanes. Alasan menghubungkan kata Injil dengan keempat kitab tadi adalah karena keempatnya sama-sama mengisahkan riwayat dan karya Yesus Kristus selama Ia di dalam dunia ini.

Selanjutnya, kata Injil ini bisa juga ditujukan kepada seluruh isi Alkitab. Atau dengan kata lain: Injil adalah Alkitab, Alkitab adalah Injil. Alasannya adalah seluruh isi Alkitab, mulai dari Kejadian sampai Wahyu sama-sama berbicara tentang pribadi Yesus Kristus, baik dalam bentuk nubuatan maupun penggenapan. Seorang tokoh pernah mengatakan bahwa pesan Alkitab hanya satu, yaitu YESUS KRSITUS.

Memang secara terminologi Inji dan Alkitab adalah dua istilah yang berbeda. Tetapi mengingat alasan-alasan di atas maka adalah wajar kalau Injil disamakan dengan Alkitab.

Comments :

0 komentar to “APA ITU INJIL”


Posting Komentar